Penyebaran Kebudayaan Melalui Media Sosial

Kali saya menulis artikel yang berjudul Penyebaran Kebudayaan Melalui Media Sosial. Di Zaman media sosial seperti sekarang ini banyak orang bisa terhubung dengan orang lain tanpa harus keluar rumah atau tanpa bertatap muka secara langsung. Semua ini bertujuan agar masyarakat bisa berteman tidak di dunia nyata saja namun juga di dunia maya.



Dengan seperti ini kita bisa memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan kebudayaan yang kita miliki ke berbagai penjuru dunia. Media sosial yang bisa kita gunakan untuk menyebarkan kebudayaan ada banyak antara lain :


1. Facebook









Ya, media sosial terbesar saat ini yaitu Facebook bisa dimanfaatkan dalam penyebaran kebudayaan. Media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini sangat banyak pemakainya. Oleh karena itu penyebaran kebudayaan melalui media sosial ini akan sangat efektif bagi kita. Didukung dengan fitur - fitur yang ada di dalamnya akan sangat membantu seperti unggah video, unggah foto dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu facebook juga sangat mudah diakses bagi berbagai kalangan.

2. Twitter










Twitter merupakan sebuah media sosial yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Dengan twitter kita bisa menyebarkan kebudayaan kita dengan mudah, karena di Twitter kita bisa mengunggah video maupun foto kebudayaan yang ada di daerah kita. Namun cara mengunggah video /foto tersebut harus melalui fitur dari Twitter itu sendiri yaitu Twitpic. Pertama kita mengunggah video /foto di twitpic lalu akan muncul di akun Twitter kita.

3. YouTube










Media yang satu ini sangat terkenal sebagai situs berbagi video. Di situs ini kita bisa mengunggah, menonton, berbagi video. Selain itu pengguna / pengunjung situs ini lumayan banyak dan tidak hanya dari beberapa negara saja tapi seluruh dunia mengunjungi situs ini. Di dukung dengan fitur - fitur yang lumayan banyak dan mudah digunakkan akan menambah daya tarik tersendiri. Dengan seperti itu kita bisa dengan mudah menyebarkan kebudayaan khas daerah kita melalui video yang kita unggah di YouTube ini, kemudian para pengunjung situs ini akan menonton video yang kita unggah dan jika video yang kita bagus mereka akan membaginya dengan teman mereka.

4. Pinterest









Pinterest adalah virtual pinboard dimana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Jadi akan lebih  mudah untuk menyebarkan lewat situs yang satu ini.
Namun Pinterest ini masih kurang diminati oleh kaum awam. Tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya.

5.  Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Dari fitur diatas kita bisa mengambil gambar sebuah pentas kebudayaan agar menjadi lebih bagus dan akan lebih menarik untuk dilihat. penggunaan Instagram hanya bisa di handphone yang memiliki OS Android atau iOS. Terlepas dari itu penyebaran kebudayaan kita melalui Instagram akan menjadi jauh lebih cepat.



Media sosial yang saya cantumkan di atas hanya beberapa saja, karena masih banyak media sosial lain yang tidak bisa saya cantumkan satu per satu di artikel ini. Semoga dengan banyaknya media sosial ini masyarakat kita bisa memanfaatkannya untuk menyebarkan kebudayaan kita. Dan suatu saat nanti kebudayaan kita bisa diketahui oleh semua orang di dunia.

Sekian.....!
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment